Pemanfaatan Komputer di Masyarakat (Bidang Pemerintahan, Perbankan, Militer)


Pemanfaatan Komputer dalam Bidang Pemerintahan, Perbankan, dan Militer

Pada materi sebelumnya kita telah membahas atau mempelajari pemanfaatan komputer dalam bidang industri, pendidikan, dan kesehatan.
Dan pada materi sekarang ini kita akan membahas topik sesuai dengan judul di atas. 
Semoga tulisan ini dapat membantu teman-teman dalam menyelesaikan tugas dan menambah pengetahuan teman-teman semua dalam hal Pemanfaatan Komputer di Masyarakat sesuai dengan bidangnya masing-masing.


1. Komputer dalam Bidang Pemerintahan 

Manfaat komputer dalam bidang pemerintahan
  • Pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat
  • Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh 
  • Pelaksanaan pemerintahan yang lebih efisien
  • Peningkatan hubungan antara pemerintah 
Komputer dalam pemerintahan dikenal dengan istilah e-government. Tujuan pemanfaatan komputer dalam pemerintahan adalah agar pelayanan kepada masyarakat dalam lebih efisien. Komputer juga dapat memberdayakan masyarakat karena dengan adanya infrastruktur e-government akan lebih mudah dan lebih cepat untuk mengakses informasi dari pemerintah.

Contoh E-Government 
  • G2C (Government to citizen), yaitu hubungan antara pemerintah dengan masyarakat. 
  • G2B (Government to bussines), yaitu hubungan antara pemerintah dengan pengusaha. 
  • G2G (Government to Government), yaitu hubungan antara pemerintah dengan pemerintah
  • G2G (Government to Employees), yaitu hubungan antara pemerintah dengan para pegawai negeri atau karyawan pemerintah.
Penerapaan Komputer pada Bidang Pemerintahan
  • Aplikasi kepegawaian
  • Aplikasi di pemerintahan daerah
  • STNK
  • E- Government
Isu Sosial Sekaligus Permasalahan Komputer  Pada Bidang Pemerintah 
  • Pencurian data penting
Komputer dapat digunakan untuk kegiatan yang melanggar hukum seperti mengambil informasi tanpa izin sampai kepada pencurian dana elektronik di bank karena kemampuannya yang besar.
  • Masyarakat harus ikut paham mengenai komputer
Hal ini disebabkan karena hampir semua hal yang di lakukan dipemerintahan menggunaka komputer atau contoh seperti pendataan penduduk bisa dilakukan secara online melihat kemajuan teknologi saat ini.
  • Masalah sosial tentang pemanfaatan komputer di masyarakat timbul 
Salah satunya karena komputer hanya merupakan produk teknologi yang baru   memasyarakat, akan disusul dengan produk teknologi lain yang masih akan terus berdatangan. 


2. Komputer dalam Bidang Perbankan 

Manfaat Komputer dalam Bidang Perbankan
  • Kegunaan komputer di bidang perbankan untuk menghasilkan informasi bagi pihak managemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan pada pihak nasabah bank (E-Commerce).
  • Meningkatkan membantu accountan dan petugas bank mengimput data atau mengkalkulasi data, uang, dan data pelanggan.
  • Mempercepat informasi, antara nasabah dengan pihak bank. Misalkan akses info atau saldo melalui internet
  • Meningkatkan keamanan data nasabah.
Bagaimana Penerapan Komputer dalam Bidang Perbankan

Salah satunya pada bidang perbankan, transaksi perbankan mulai menggunakan teknologi berbasis komputer untuk mempermudah pengguna. Sekarang menjadi lebih mudah karena bank mulai mengunakan teknologi berbasis komputer dan sekarang sudah bisa mengakses lewat internet seperti yang kita kenal dengan nama E-Banking dan bahkan dengan mobile (handphone) dengan layanan SMS maupun aplikasi mobile yang sudah banyak diterapkan bank. Tentunya dengan adanya jaringan komputer hubungan atau komunikasi dengan klien jadi lebih hemat, efisien dan cepat. Contohnya : email, teleconference.
   
Isu Sosial Tentang Computer Pada Perbankan 
  • Inklusi keuangan, yang dimaksud adalah rasio penduduk yang menggunakan fasilitas perbankan atau layanan keuangan lainnya masih rendah.
  • Literasi keuangan, dimana masyarakat di bidang perbankan, masih banyak sekali yang tidak mengerti apa artinya kredit.
  • Financial depending, yang merupakan perilaku dari pelaku perbankan maupun non bank yang enggan untuk membuat merinci jenis-jenis portofolio perbankan.
Masalah Komputer dalam Bidang Perbankan
  • Permasalahan komputer dalam bidang perbankan adalah kompleks dan mahalnya teknologi informasi, hal ini dikarenakan sebagian besar teknologi ini masih disuplay oleh vendor-vendor luar negeri. Sehingga harga pembelian dan pengiriman teknologi tersebut menjadi lebih mahal.
  • Kurangnya sumber daya yang memadai. Penerapan suatu teknologi informasi menuntut diantaranya sumber daya manusia yang memadai. Jika sumber daya manusia yang ada tidak menguasai teknologi tersebut hal ini menjadi suatu pemborosan, karena mahalnya teknologi yang telah dibeli jika tidak terpakai merupakan suatu hal yang sia-sia.

3. Komputer dalam Bidang Militer 

Manfaat Komputer dalam Bidang Militer 
  • Kemajuan pesat teknologi informasi secara khusus diimplementasikan dalam konsep yang disebut Perang Informasi (Information Warfare), yang menjadi landasan penting bagi pengembangan doktrin militer di masa yang akan datang. Dengan demikian teknologi informasi akan sangat berpengaruh terhadap bidang militer, dan dapat dilihat dari banyak sisi.
  • Teknologi Informasi dapat membantu menyediakan informasi potensial lebih cepat dan banyak melalui rantai komando dan pengendalian untuk mempercepat pengambilan keputusan. Teknologi Informasi memungkinkan pasukan mendapat informasi pada waktu dan tempat yang tepat, sehingga akan mengurangi apa yang oleh Clausewitz disebut "kabut perang", dan juga membuat pasukan menjadi lebih fleksibel.
Penerapan Komputer dalam Militer
  • Mengendalikan Senjata dan Peluru Kendal
Komputer dapat digunakan untuk mengidentifikasi target dan mengarahkan peluru mereka. Tentara dan senjatanya dapat dilengkapi oleh penerima Global Positioning System (GPS) yang mengidentifikasi lokasi teman atau lawan. Bahkan komputer pun dapat membantu menciptakan penangkal senjata yang notabene canggih seperti penangkal rudal.
  • Operasi Persandian dan juga Pengirimannya  
Selaras dengan peningkatan tugas umum pemerintah dan pembangunan, perubahan lingkungan stategik persandian, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka kegiatan persandian mengalami banyak perubahan. Pengembangan tersebut meliputi aspek pemanfaatan persandian di lingkungan instansi pemerintah, pengembangan organisasi, dan pengembangan teknologi persandian yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi.
  •  Simulasi Perang                                                                                                                            
Simulasi adalah program (software) komputer yang berfungsi untuk menirukan perilaku sistem nyata (realitas) tertentu. Tujuan simulasi antara lain untuk pelatihan (training), studi perilaku sistem behaviour) dan hiburan / permainan (game).Beberapa contoh simulasi komputer, antara lain : simulasi terbang (ight simulation), simulasi sistem ekonomi makro, simulasi sistem perbankan, simulasi antrian layanan bank (service queue), simulasi game strategi pemasaran (market game), simulasi perang (war game simulation), simulasi mobil (car simulation), simulasi tenaga listrik (power plan simulation), simulasi tata kota (sim city)   

Isu Social Tentang Computer Pada Militer
  • Nuklir
Senjata nuklir adalah senjata yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat - sebuah bom nuklir mampu memusnahkan sebuah kota. Senjata nuklir telah digunakan hanya dua kali dalam pertempuran - semasa Perang Dunia II oleh Amerika Serikat terhadap kota-kota Jepang, Hiroshima dan Nagasaki.Pada masa itu daya ledak bom nuklir yang dijatuhkan di Hiroshima dan Nagasaki sebesar 20 kilo(ribuan) ton TNT. Sedangkan bom nuklir sekarang ini berdaya ledak lebih dari 70 mega(jutaan) ton TNT.

Masalah Komputer dalam Bidang Militer 

Masalah computer di bidang militer pada umum nya banyak terdapat di negara negara berkembang seperti indonesia dan negara berkembang lain nya. Masalah pada bidang militer terdapat pada fasilitas pertahanan seperti, kekurangan computer untuk mambantu pekerjaan militer dan kekurangan senjata kendali jarak jauh untuk menaklukan musuh-musuh. Dan ini masalah yang terdapat pada negara berkembang dan tidak untuk negara maju, karena di negara maju untuk masalah computer di bidang militer mungkin sudah tidak ada lagi masalah dan hanya saja masalah terdapat pada pembuatan senjata terbaru dan membutuh kan ide-ide yang keren .

Komentar

Postingan Populer