Memahami Sistem Operasi Windows 7 dan Praktik Instalasi

Sistem Operasi Windows 7 dan Praktik Instalasi

Sistem Operasi
Sistem Operasi (Operating System) atau yang biasa disingkat OS, merupakan perangkat lunak (software) sistem yang bertugas melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar dari suatu sistem komputer. Manajemen ini termasuk menjalakan software aplikasi seperti program-program pengolah kata, pemutar multimedia, dan sebagainya. Beberapa OS antara lain yaitu MS DOS, Windows, Linux, Macintosh, Solaris, dan Garuda OS (buatan Indonesia).

Windows 7
Windows 7 merupakan Microsoft Windows yang menggantikan Windows Vista. Windows 7 dirilis untuk pabrikan komputer pada 22 Juli 2009 dan dirilis untuk publik pada 22 Oktober 2009, kurang dari tiga tahun setelah rilis pendahulunya, Windows Vista. Tidak seperti pendahulunya yang memperkenalkan banyak fitur baru, Windows 7 lebih fokus pada pengembangan dasar Windows, dengan tujuan agar lebih kompatibel dengan aplikasi-aplikasi dan perangkat keras komputer yang kompatibel dengan Windows Vista. Windows 7 memiliki 6 versi, yaitu Windows 7 Starter, Home Basic, Home Premium, Professional, Enterprise, dan Ultimate.

Pembatasan memori untuk Windows 7
Windows 7 tidak bisa digunakan dengan jumlah memori yang terpasang melebihi kemampuannya. Jumlah ini berbeda di setiap versi Windows 7, dan juga berpengaruh pada arsitektur yang dipakai (apakah 32-bit atau 64-bit).

Pembatasan Memori pada Windows 7
Versi
Pembatasan pada 32-bit
Pembatasan pada 64-bit
Windows 7 Ultimate
4GB
192GB
Windows 7 Enterprise
4GB
192GB
Windows 7 Professional
4GB
192GB
Windows 7 Home Premium
4GB
16GB
Windows 7 Home Basic
4GB
8GB
Windows 7 Starter
2GB
Tidak ada versi ini



Cara Menginstal Windows 7 pada VirtualBox

1. Pastikan Sudah mendownload aplikasi VirtualBox dan mengistalnya
2. Jika VirtualBox sudah terinstal, maka tinggal membuka VirtualBox tersebut
3. Jalankan VirtualBoxnya, lalu pilih New.
4. Selanjutnya akan Muncul layar Create virtual machine. Lalu isi nama sistem operasi Windows 7, sesuaikan Type dan Versi yang akan diinstal, kemudian next.



5. Selanjutnya mengatur jumlah memori yang akan dialokasikan untuk mesin virtual dalam satuan Megabyte. Lalu next.


6. Pilih opsi Create a virtual hard drive now karena kita akan langsung membuat hard disk virtual untuk mesin virtual Windows7. Kemudian tekan tombol Create.




7. Setelah itu pilih format Virtual Hard disk yang dinginkan, seperti VMDK kemudian next.




8. Selanjutnya memilih opsi Dynamical allocated, kemudian next.




9. Layar selanjutnya berguna untuk menentukan nama tampil dan nama folder tempat menyimpan file-file mesin virtual yang akan kita buat. Kita juga dapat menempatkan file-file mesin virtual ke dalam folder atau direktori yang sudah ada, atau pada harddisk lain yang berbeda dengan hard disk yang digunakan oleh sistem operasi utama.Tekan tombol Create.



10. Kemudian klik start untuk memulai menginstal.

11. Dan proses selanjutnya seperti menginstal windows7, Klik Next




12. Klik install Now




13. Pada step ini kita akan disuguhkan dengan licence term, yang berfungsi untuk menyetujui  licence, centang I accept the lecence term dan klik next.



14. Setelah proses tadi selesai, maka akan muncul jendela type instalasi. Pilih Upgrade jika ingin memperbaharui windows atau Custom untuk install Windows baru, disini kitapilih Custom.




15. Kemudian jika step diatas sudah selesai, maka akan muncul jendela pembagian partisi, jadi klik next untuk melanjutkan.



16. Klik Apply


17. Klik OK


18. Selanjutnya Klik Next


19. Jika sudah maka kita hanya tinggal menunggu hingga proses instalasi selesai. Dibagian ini menunggunya agak lama, jadi sabar ya.



20. Tunggu beberapa detik


21. Setelah proses instalasi selesai PC akan secara otomatis merestart dan tunggu beberapa saat untuk Completing Instalation. Setelah itu, maka akan muncul jendela Set UpWindows, disini kita harus mengisi user name dan computer name, jika sudah klik next.




22. Selanjutnya akan muncul jendela Set Up Password, jika ingin menggunakan password, silahkan diisi dengan benar. tetapi jika tidak ingin menggunkan password kita klik next saja.



23. Kemudian pada jendela ini, kita di berikan 3 pilihan yaitu Use Recommended Setting, Install Important Update Only, Ask Me Later, disini kita pilih pilhan Ask me Later.



24. Atur Waktu sesuai wilayah , dan klik next.


25. Setelah step diatas selesai, maka tunggu proses finishing selesai.


26. Setelah beberapa saat proses instalasi telah selesai.







Komentar

Postingan Populer